Langsung ke konten utama

Merancang Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Menaklukan Pelanggan

Sering terjadi bahwa orang memulai suatu bisnis makanan atau kuliner dengan berbekal pujian dari orang terdekat. Mereka dapat membuat atau memasak satu jenis makanan yang lezat. Kemudian semakin banyak orang yang memberikan masukkan untuk memulai bisnis makanan dengan bekal keahlian memasak yang mahir tersebut.

Tapi sayangnya keahlian dalam hal memasak bukan satu satunya faktor untuk menjamin keberhasilan suatu bisnis makanan. Ada banyak sekali faktor lain yang perlu dipelajari. Salah satunya adalah strategi pemasaran yang efektif, guna mempromosikan bisnis makanan yang dijual. Apabila Anda merupakan peminat industri makanan serta ingin memulai bisnis makanan sendiri. Pelajari serta terapkan beberapa langkah atau cara untuk merancang strategi pemasaran agar produk makanan Anda yang lezat itu tidak menjadi sia-sia. Beberapa Cara Merancang Strategi Pemasaran Produk Makanan :


1. Jaga Kualitas Produk

Dalam hal ini, cita rasa yang konsisten harus diperhatikan. Tidak boleh sembarangan mengubah bahan atau bumbu yang memang diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Anda pasti pernah menemui penjual makanan atau jajanan kesukaan yang tekstur maupun rasanya tiba tiba berubah dibanding sebelumnya. Nah hal seperti itu jangan lah sampai terjadi, karena akan membuat konsumen merasa kecewa dengan produk makanan Anda yang berubah, kadang kadang enak kadang kadang biasa saja.

2. Ikuti Sebuah Acara yang Ramai

Keefektifan promosi dalam keadaan yang ramai akan lebih tinggi dari biasanya. Maka berpartisipasi dan kunjungilah sebagai pengisi booth di pasar malam, bazaar, perayaan resmi tertentu, dan lain sebagainya. Nah, disinilah Anda dapat merancang suatu strategi pemasaran dalam bentuk promosi spesial yang tentunya menarik agar banyak pengunjung yang datang dan bahkan membeli makanan Anda. Misal dengan memberi kesempatan yang terbatas untuk mendapat potongan harga untuk produk tertentu.

3. Berinteraksi di Berbagai Media

Sebarkanlah informasi mengenai keberadaan bisnis makanan Anda bukan hanya menggunakan promosi direct selling tapi juga berusaha untuk membangun komunikasi dua arah dengan para calon konsumen. Anda dapat menggunakan cara konvensional semisal tv dan radio, atau Anda juga dapat menggunakan cara berupa sosial media yang pastinya lebih murah dari cara konvensional, tapi cara ini membutuhkan strategi dan waktu untuk menjangkau banyak orang serta mengubah mereka menjadi pelanggan.

4. Membuat Peta Lokasi Bisnis di Kemasan Produk

Lokasi yang dirasa kurang strategis terkadang menjadi suatu kendala bagi sebuah bisnis agar berkembang menjadi besar. Mungkin kelezatan sebuah makanan Anda tidak perlu lagi dipertanyakan, tapi bila masyarakat sulit untuk membeli secara langsung makanan Anda, maka semua usaha dapat sia sia. Makanya, buatkanlah petunjuk untuk pelanggan yang ingin membeli menggunakan sebuah perta lokasi bisnis Anda. Dengan mengetahui lokasi tersebut, konsumen akan mudah untuk datang membeli produk makanan Anda.

5. Sebarkan Brosur pada Tempat yang Tepat 

Salah satu strategi ampuh untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis makanan Anda adalah dengan membuat dan sebarkan brosur pada orang yang berpotensi untuk menjadi pelanggan setia. Tambahkan gambar yang menarik serta dilengkapi dengan kontak yang dapat dihubungi untuk pemesanan produk tersebut. Agar brosur tersebut tak langsung dibuang oleh masyarakat, maka cantumkanlah isi yang bermanfaat, misal mencantumkan trik mengolah bahan makanan agar menjadi enak, dan lain sebagainya.

Sudah tau kan caranya merancang strategi pemasaran produk makanan untuk menaklukan hati para pelanggan. Ada dapat mencoba cara-cara diatas jika memang ingin membuka bisnis makanan. Diharapkan dengan menggunakan cara diatas, akan membuat bisnis makanan Anda menjadi semakin laris manis. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang baik. Terimakasih.

Sumber : Berita Iklan Terbaru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Jasa SEO Jakarta Rekomendasi No #1

Bisnis di era yang serba teknologi ini telah mengalami banyak perubahan. Di mana semula masih banyak pelaku bisnis yang menjalankan secara konvensional, namun kini telah mengandalkan internet yang disadari banyak memberikan kemudahan dan keuntungan. Keberadaan jasa SEO Jakarta yang profesional menjadi salah satu aspek terpenting untuk mendukung para pelaku bisnis online ini untuk bisa melakukan investasi dengan mengoptimalkan mesin pencarian dan membuat bisnisnya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bagi perusahaan  Search Engine Optimization  (SEO) yang telah profesional sendiri seperti Arfadia.com, tentu akan lebih mengetahui bahwa SEO yang tidak tepat akan dapat menghancurkan sebuah bisnis  online . Dan perusahaan SEO ini lah yang nantinya akan bisa memberikan solusi terbaik untuk pemasaran bisnis Anda. Sehingga, akan dapat ditemui bahwa bisnis Anda mengalami peningkatan yang baik di setiap masanya dengan pengoptimalan SEO berkualitas. SEO sendiri memili...

tiga etika sederhana mengirim naskah ke media

Saya belum mengirim naskah buat ketika yg lama, blog langsung masih belum optimal setiap hari. Namun lantaran minat aku dalam sastra, pula asa buat menghargai pekerjaan penulis lain, maka aku membuka peluang bagi mereka yg menginginkan cerita pendek yg akan dipublikasikan pada blog. Honorarium nir poly, namun dibayar sekali pecah. Jadi nir perlu menunggu relatif poly buat mendapat pembayaran. Sekali, saat aku masih secara rutin mengirim karya, terdapat warta krusial yg didistribusikan sang sahabat sebaya, terutama senior, bagaimana etika mengirimkan manuskrip ke media. Lantaran dulu, aku menduga nir terdapat yg istimewa lagi. Namun saat aku membuka ruangan buat sahabat-sahabat buat mengirim karya, aku baru sadar, hal-hal yg aku pikir normal, sepertinya nir dipahami sang poly orang. Apakah Anda berniat mengirim cerita pendek atau manuskrip lain ke media? Lihatlah etika baku berikut, siapa yg memahami seorang yg terlewat sejauh ini. 1. Baca menggunakan cermat Dalam kehidupan seha...

Informasi Tren Teknologi Menuju Indonesia Jaya

  Teknologi berkembang semakin cepat dan membawa perubahan pada semua bidang pembangunan dan kehidupan masyarakat. Disamping meningkatkan efisiensi dan kesempatan baru, kemajuan teknologi berdampak pada kebutuhan tenaga kerja. Pekerjaan yang sifatnya rutin, manual, dan kognitif akan berkurang. Indonesia akan memanfaatkan kemajuan teknologi bagi pembangunan dengan meminimalkan disrupsi. Tren teknologi ke depan: teknologi digital (internet seluler, otomatisasi, dan cloud technology), teknologi yang mengurangi keterbatasan fisik dan jarak (IoT, transportasi dan distribusi, addictive manufacturing/3D printing, dan nano technology), teknologi energi terbarukan (surya, angin, nuklir, biomas, dan geothermal), dan teknologi kesehatan (genetika, pengobatan dan pemulihan, serta pelayanan kesehatan). Beberapa perkembangan teknologi ke depan: perdagangan elektronik mengubah perdagangan konvensional menjadi elektronik; industri 4.0 mengintegrasikan proses produksi secara virtual berbasis  ...