Pemasaran itu merupakan inti dari suatu perusahaan agar tetap terus hidup dan berkembang. Dalam melakukannya memang susah susah gampang, karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi pemasaran. Contohnya faktor pada barang yang akan dipasarkan, barang tersebut dapat berupa produk nyata ataupun produk jasa. Tentunya pemasaran produk nyata dan produk jasa itu berbeda.
Pemasaran produk jasa lebih sulit, karena produk yang ditawarkan bukan berupa barang nyata dan hampir sebagian produk jasa memerlukan interaksi antar manusia. Walaupun berbeda, keduanya tetap memerlukan strategi pemasaran yang baik. Barang dan produk yang nyata akan memberikan kebutuhan secara langsung kepada konsumen, sedangkan produk jasa tidak. Maka dari itu, keberhasilan dari bisnis jasa berupa tingkat kepuasan dari konsumen.
1. Meningkatkan Kinerja Karyawan Dalam hal ini, suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, peran dari karyawannya menjadi sangat penting dan krusial. Karena merekalah yang menjadi daya tarik dan ujung tombak agar konsumen mau memakai jasa yang ditawarkan. Citra dari karyawan juga merupakan citra dari suatu perusahaan di mata konsumen.
2. Berikan Layanan yang Efisien Yang dimaksud efisien adalah tepat dan cepat tanggap terhadap semua hal yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Anda sebagai penyedia layanan jasa harus memberikan pilihan yang tidak terlalu ribet atau kompleks kepada konsumen, agar konsumen merasa nyaman. Lebih baik Anda memberikan pelayanan tepat dan cepat seperti yang sudah dijelaskan tadi.
3. Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Dijaman modern seperti saat ini, penggunaan teknologi sangatlah dibutuhkan. Salah satu penggunaan teknologi yang dapat dilakukan adalah untuk tujuan pemasaran jasa, misalkan dengan mengandalkan pemasaran online. Pada saat ini, pemasaran online sedang naik daun, banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk memasarkan jasa secara online atau melalui internet, seperti dengan menggunakan media sosial ataupun dengan SEO.
4. Harga yang Masuk Akal Konsumen satu dengan konsumen lainnya tentu menganggap suatu harga itu berbeda, misalkan dengan harga Rp 150.000,- bagi konsumen X merupakan harga yang dianggap terlalu mahal, tapi bagi konsumen Y, harga tersebut dianggap terlalu murah. Sebagai penyedia layanan jasa harus mengetahui sikap dari konsumen yang seperti itu, karena hal ini sangatlah penting agar konsumen tetap mau menggunakan jasa Anda dengan harga yang rasional menurut mereka.
5. Sesuaikan dengan Budaya yang Sedang Berkembang Menyesuaikan trend atau budaya yang sedang berkembang merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Karena cara pemasaran suatu produk jasa jaman sekarang dengan 11 tahun yang lalu pastilah berbeda. Jika Anda menggunakan atau menerapkan cara pemasaran 11 tahun yang lalu pada jaman sekarang, tentulah cara tersebut tidak akan efektif, maka dari itu sangatlah penting untuk menyesuaikan trend yang sedang berkembang saat ini.
Dari 5 cara mudah untuk memasarkan produk jasa diatas, kunci untuk kesuksesan bisnis jasa terletak pada pelayanan konsumen. Kualitas dari suatu pelayanan, akan menarik banyak konsumen untuk menggunakan produk jasa atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Kenyamanan, keramahan, ketepatan, dan kecepatan pelayanan yang prima, akan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Sudah tau kan cara mudah dan efisien untuk memasarkan produk jasa, sekarang Anda tinggal menerapkannya pada bisnis jasa Anda. Semoga bermanfaat.
Baca Selengkapnya : Portal Berita Iklan Indonesia
Pemasaran produk jasa lebih sulit, karena produk yang ditawarkan bukan berupa barang nyata dan hampir sebagian produk jasa memerlukan interaksi antar manusia. Walaupun berbeda, keduanya tetap memerlukan strategi pemasaran yang baik. Barang dan produk yang nyata akan memberikan kebutuhan secara langsung kepada konsumen, sedangkan produk jasa tidak. Maka dari itu, keberhasilan dari bisnis jasa berupa tingkat kepuasan dari konsumen.
5 Cara Mudah Memasarkan Produk Jasa
1. Meningkatkan Kinerja Karyawan Dalam hal ini, suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, peran dari karyawannya menjadi sangat penting dan krusial. Karena merekalah yang menjadi daya tarik dan ujung tombak agar konsumen mau memakai jasa yang ditawarkan. Citra dari karyawan juga merupakan citra dari suatu perusahaan di mata konsumen.
2. Berikan Layanan yang Efisien Yang dimaksud efisien adalah tepat dan cepat tanggap terhadap semua hal yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Anda sebagai penyedia layanan jasa harus memberikan pilihan yang tidak terlalu ribet atau kompleks kepada konsumen, agar konsumen merasa nyaman. Lebih baik Anda memberikan pelayanan tepat dan cepat seperti yang sudah dijelaskan tadi.
3. Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Dijaman modern seperti saat ini, penggunaan teknologi sangatlah dibutuhkan. Salah satu penggunaan teknologi yang dapat dilakukan adalah untuk tujuan pemasaran jasa, misalkan dengan mengandalkan pemasaran online. Pada saat ini, pemasaran online sedang naik daun, banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk memasarkan jasa secara online atau melalui internet, seperti dengan menggunakan media sosial ataupun dengan SEO.
4. Harga yang Masuk Akal Konsumen satu dengan konsumen lainnya tentu menganggap suatu harga itu berbeda, misalkan dengan harga Rp 150.000,- bagi konsumen X merupakan harga yang dianggap terlalu mahal, tapi bagi konsumen Y, harga tersebut dianggap terlalu murah. Sebagai penyedia layanan jasa harus mengetahui sikap dari konsumen yang seperti itu, karena hal ini sangatlah penting agar konsumen tetap mau menggunakan jasa Anda dengan harga yang rasional menurut mereka.
5. Sesuaikan dengan Budaya yang Sedang Berkembang Menyesuaikan trend atau budaya yang sedang berkembang merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Karena cara pemasaran suatu produk jasa jaman sekarang dengan 11 tahun yang lalu pastilah berbeda. Jika Anda menggunakan atau menerapkan cara pemasaran 11 tahun yang lalu pada jaman sekarang, tentulah cara tersebut tidak akan efektif, maka dari itu sangatlah penting untuk menyesuaikan trend yang sedang berkembang saat ini.
Dari 5 cara mudah untuk memasarkan produk jasa diatas, kunci untuk kesuksesan bisnis jasa terletak pada pelayanan konsumen. Kualitas dari suatu pelayanan, akan menarik banyak konsumen untuk menggunakan produk jasa atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Kenyamanan, keramahan, ketepatan, dan kecepatan pelayanan yang prima, akan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Sudah tau kan cara mudah dan efisien untuk memasarkan produk jasa, sekarang Anda tinggal menerapkannya pada bisnis jasa Anda. Semoga bermanfaat.
Baca Selengkapnya : Portal Berita Iklan Indonesia
Komentar
Posting Komentar