Sebenarnya strategi pemasaran memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan taktik, strategi pemasaran membutuhkan keputusan – keputusan yang di buat oleh manajemen menyangkut marketing mix perusahaan. Sedangkan, taktik merupakan program tertentu yang dilakukan untuk jangka pendek.
Pada umumnya strategi pemasaran bersifat permanen, dan sulit melakukan perubahan. Strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan belum tentu cocok dipakai oleh perusahaan lain, karena strategi perusahaan dibuat sesuia dengan keadaan perusahaan, tujuan perusahaan serta yang paling penting adalah jenis produk yang di pasarkan.
Berikut ini penjelasan 3 strategi mudah dalam menguasai pasar:
1. Strategi Menguasai Pasar Melalui Produk Produk adalah barang atau jasa yang dapat di perjualbelikan, yang di produksi oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya. Kebutuhan setiap manusia berbeda.
Kemudian sebagai perusahaan apakah kita harus menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan tersebut? Jawabannya tentu tidak, karena perusahaan harus fokus pada segmentasi pasar yang telah ditetapkan pada awal berdirinya suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan akan dapat mengembangkan produk sesuai kebutuhan manusia dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Tampilan suatu produk juga sangatlah penting, selain memiliki fungsi sebagai wadah, suatu produk kemasan juga bermanfaat untuk menarik perhatian pelanggan, misalkan produk makanan di kemas menggunakan kemasan yang lucu maka hal ini akan menarik perhatian anak – anak dan mereka ingin membelinya. Kemudian yang mempengaruhi selanjutnya adalah merek, merek adalah suatu nama, simbol ataupun desain, untuk membedakannya dengan perusahaan lain yang sama. Dalam membuat nama merek, tidaklah asal-asalan harus dipikirkan dengan seksama agar merek yang dibuat dapat selalu diingat dan mudah diucapkan oleh para masyarakat.
2. Strategi Menguasai Pasar Melalui Harga Memperhitungkan biaya sangatlah penting , dalam menetapkan harga anda sebagai pemegang usaha pastinya sudah mengetahui harga dasar produk untuk dijual. Dari harga tersebut anda dapat memasukan berbagai biaya-biaya seperti biaya transportasi, diskon, permintaan terhadap produk anda, reaksi dari pesaing, hingga aspek – aspek lain yang akan mempengaruhi keputusan penetapan harga produk.
Misalkan ketika perusahaan berada di Bandung dan anda menjual produk di Bandung dan di Luar Bandung, maka dapat dipastikan bahwa harga produk yang dijual di Bandung akan lebih murah. Karena, dalam menetapkan harga yang di luar Bandung akan mempertimbangkan biaya transportasinya.
Perusahaan anda juga dapat melakukan potongan harga, ada caranya sendiri dalam melakukan perhitungan agar bisa melakukan potongan harga. Banyak perusahaan yang menyepakati program diskon atau potongan harga memiliki dampak yang baik terhadap penjualan suatu perusahaan.
Melakukan berbagai macam strategi, untuk menjual produk ke konsumen kita pada intinya harus bisa menarik perhatian konsumen.
Sekarang ini, banyak perusahaan yang menyediakan kartu member yang dapat digunakan ketika belanja, dan keuntungan mempunyai kartu member kita akan mendapatkan diskon. Dengan adanya kartu member, keuntungan dari perusahaan dapat memiliki data pelanggan dan menyatukan database mereka untuk meningkatkan pelayanan, dan diharapkan akan meningkatkan penjualan.
3. Strategi Menguasai Pasar Dengan Komunikasi Banyak perusahaan yang mempromosikan produknya dengan kata-kata yang berlebihan, hal ini sah – sah saja. Karena, bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agara mereka penasaran dan ingin membeli.
Seorang markerter yang baik mereka akan mampu mengemas kata -kata yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Dengan kata – kata tersebut pelanggan akan merasa ingin memiliki produk tersebut, tanpa adanya kebohongan. Akan tetapi kita perlu ingat, ketika melakukan atau memilih suatu strategi harus disesuaikan dengan produk dan pangsa pasar tujuan kita.
Sumber Berita : Mediaiklan.id - Portal Berita Iklan Terbaik
Pada umumnya strategi pemasaran bersifat permanen, dan sulit melakukan perubahan. Strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan belum tentu cocok dipakai oleh perusahaan lain, karena strategi perusahaan dibuat sesuia dengan keadaan perusahaan, tujuan perusahaan serta yang paling penting adalah jenis produk yang di pasarkan.
Berikut ini penjelasan 3 strategi mudah dalam menguasai pasar:
1. Strategi Menguasai Pasar Melalui Produk Produk adalah barang atau jasa yang dapat di perjualbelikan, yang di produksi oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya. Kebutuhan setiap manusia berbeda.
Kemudian sebagai perusahaan apakah kita harus menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan tersebut? Jawabannya tentu tidak, karena perusahaan harus fokus pada segmentasi pasar yang telah ditetapkan pada awal berdirinya suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan akan dapat mengembangkan produk sesuai kebutuhan manusia dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Tampilan suatu produk juga sangatlah penting, selain memiliki fungsi sebagai wadah, suatu produk kemasan juga bermanfaat untuk menarik perhatian pelanggan, misalkan produk makanan di kemas menggunakan kemasan yang lucu maka hal ini akan menarik perhatian anak – anak dan mereka ingin membelinya. Kemudian yang mempengaruhi selanjutnya adalah merek, merek adalah suatu nama, simbol ataupun desain, untuk membedakannya dengan perusahaan lain yang sama. Dalam membuat nama merek, tidaklah asal-asalan harus dipikirkan dengan seksama agar merek yang dibuat dapat selalu diingat dan mudah diucapkan oleh para masyarakat.
2. Strategi Menguasai Pasar Melalui Harga Memperhitungkan biaya sangatlah penting , dalam menetapkan harga anda sebagai pemegang usaha pastinya sudah mengetahui harga dasar produk untuk dijual. Dari harga tersebut anda dapat memasukan berbagai biaya-biaya seperti biaya transportasi, diskon, permintaan terhadap produk anda, reaksi dari pesaing, hingga aspek – aspek lain yang akan mempengaruhi keputusan penetapan harga produk.
Misalkan ketika perusahaan berada di Bandung dan anda menjual produk di Bandung dan di Luar Bandung, maka dapat dipastikan bahwa harga produk yang dijual di Bandung akan lebih murah. Karena, dalam menetapkan harga yang di luar Bandung akan mempertimbangkan biaya transportasinya.
Perusahaan anda juga dapat melakukan potongan harga, ada caranya sendiri dalam melakukan perhitungan agar bisa melakukan potongan harga. Banyak perusahaan yang menyepakati program diskon atau potongan harga memiliki dampak yang baik terhadap penjualan suatu perusahaan.
Melakukan berbagai macam strategi, untuk menjual produk ke konsumen kita pada intinya harus bisa menarik perhatian konsumen.
Sekarang ini, banyak perusahaan yang menyediakan kartu member yang dapat digunakan ketika belanja, dan keuntungan mempunyai kartu member kita akan mendapatkan diskon. Dengan adanya kartu member, keuntungan dari perusahaan dapat memiliki data pelanggan dan menyatukan database mereka untuk meningkatkan pelayanan, dan diharapkan akan meningkatkan penjualan.
3. Strategi Menguasai Pasar Dengan Komunikasi Banyak perusahaan yang mempromosikan produknya dengan kata-kata yang berlebihan, hal ini sah – sah saja. Karena, bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agara mereka penasaran dan ingin membeli.
Seorang markerter yang baik mereka akan mampu mengemas kata -kata yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Dengan kata – kata tersebut pelanggan akan merasa ingin memiliki produk tersebut, tanpa adanya kebohongan. Akan tetapi kita perlu ingat, ketika melakukan atau memilih suatu strategi harus disesuaikan dengan produk dan pangsa pasar tujuan kita.
Sumber Berita : Mediaiklan.id - Portal Berita Iklan Terbaik
Komentar
Posting Komentar