Mempromosikan produk baru memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk tersebut supaya lebih dikenal lagi oleh masyarakat, dan mereka dapat mencoba dan melihat dengan lebih dekat produk perusahaan anda. Produk yang terbaik sekalipun jika pada tahap promosi tidak dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat maka masyarakat tidak akan mengetahuinya.
Oleh karena itu, sebagai pembisnis anda harus memilih secara selektif penggunaan strategi pemasaran yang akan digunakan, ketika mempromosikan produk perusahaan anda. Perusahaan harus memastikan apakah dengan penggunaan strategi tersebut masyarakat secara luas akan mendapatkan informasi mengenai produk perusahaan anda atau tidak. Beberapa cara mempromosikan produk secara efektif:
1. Membagikan Produk Untuk di Coba Secara Gratis
Dengan diadakannya pengenalan produk secara gratis, yang dilakukan di setiap kalangan masyarakat akan membuat produk anda lebih dikenal di kalaangan masyarakat, hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan produk perusahaan tersebut.
Jika mereka menyukai produk perusahaan anda maka kemungkinan besar masyarakat akan kembali untuk membeli produk yang tadi di coba secara gratis, dan memberi tahu kepada sanak saudaranya bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang bagus.
2. Menggunakan Media Sosial
Sekarang ini banyak perusahaan yang mempromosikan produk merek melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan yang lainnya. Karena, dirasa promosi menggunakan media sosial lebih efektif dan dapat menjangkau daerah- daerah di seluruh penjuru negeri.
Dan sekarang ini masyarakat lebih menyukai mencari barang yang mereka butuhkan di media sosial karena memudahkan mereka tanpa harus keluar dan mencari mereka bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan.
3. Promosi Menggunakan Market Place
Bergabunglah dengan situs-situs yang menyediakan fasilitas untuk berjualan baik yang berbayar maupun gratis. Di Indonesia sekarang ini sudah banyak bermunculan market place yang bisa perusahaan anda pilih sebagai tempa yang efektif untuk mempromosikan produk perusahaan.
Usahakan juga memberikan ulasan secara singkat namun detail mengenai produk, karena dengan adanya ulasan tersebut calon pembeli akan mempercayai bahwa produk benar-benar ada dan memiliki fungsi sesuai dengan barang yang ia cari.
4. Berikan Discount atau kupon Yang Menarik
Dengan adanya discount atau kupon yang diberikan maka ini akan menarik perhatian pelanggan apalagi ibu-ibu, akan tetapi dalam penggunaan discount jangan dilakukan terlalu sering karena hal ini bisa menyebabkan berkurangnya keuntungan perusahaan yang seharusnya didapat dalam setiap periode. Promosi menggunakan voucher bisa dengan cara jika konsumen membeli produk yersebut maka akan mendapatkan voucher untuk di undi, nah seberapa banyak orang yang mengumpulkan voucher tersebut juga bisa dijadikan alat untuk menguji seberapa baik kampanye ini berjalan.
5. Pemasaran Dengan Sistem Aplikasi Mobile
merupakan konsep baru pemasaran berbasis teknologi, Konsep ini memberikan pelayanan dengan maksimal bagi konsumen. Keuntungan menggunakan sistem aplikasi mobile adalah, konsumen dapat memesan layanan anda dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan cara membuka smartphone mereka tanpa harus pergi keluar rumah, hal ini akan memberikan keefisienan waktu.
Konsumen juga setelah membeli mereka dapat memberikan testimoni terhadap produk tersebut apakah bagus atau tidak, hal ini dilakuakan untuk meraih pelanggan yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas.
Dalam menjalankan bisnis, melakukan promosi adalah menjadi bagian yang paling urgent karena menentukan laku atau tidaknya produk tersebut di pasaran, maka buatlah promosi dengan menarik yang dapat memberikan dorongan ataupun stimulus ke masyarakat untuk membeli.
Sumber : Mediaiklan.id
Oleh karena itu, sebagai pembisnis anda harus memilih secara selektif penggunaan strategi pemasaran yang akan digunakan, ketika mempromosikan produk perusahaan anda. Perusahaan harus memastikan apakah dengan penggunaan strategi tersebut masyarakat secara luas akan mendapatkan informasi mengenai produk perusahaan anda atau tidak. Beberapa cara mempromosikan produk secara efektif:
1. Membagikan Produk Untuk di Coba Secara Gratis
Dengan diadakannya pengenalan produk secara gratis, yang dilakukan di setiap kalangan masyarakat akan membuat produk anda lebih dikenal di kalaangan masyarakat, hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan produk perusahaan tersebut.
Jika mereka menyukai produk perusahaan anda maka kemungkinan besar masyarakat akan kembali untuk membeli produk yang tadi di coba secara gratis, dan memberi tahu kepada sanak saudaranya bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang bagus.
2. Menggunakan Media Sosial
Sekarang ini banyak perusahaan yang mempromosikan produk merek melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan yang lainnya. Karena, dirasa promosi menggunakan media sosial lebih efektif dan dapat menjangkau daerah- daerah di seluruh penjuru negeri.
Dan sekarang ini masyarakat lebih menyukai mencari barang yang mereka butuhkan di media sosial karena memudahkan mereka tanpa harus keluar dan mencari mereka bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan.
3. Promosi Menggunakan Market Place
Bergabunglah dengan situs-situs yang menyediakan fasilitas untuk berjualan baik yang berbayar maupun gratis. Di Indonesia sekarang ini sudah banyak bermunculan market place yang bisa perusahaan anda pilih sebagai tempa yang efektif untuk mempromosikan produk perusahaan.
Usahakan juga memberikan ulasan secara singkat namun detail mengenai produk, karena dengan adanya ulasan tersebut calon pembeli akan mempercayai bahwa produk benar-benar ada dan memiliki fungsi sesuai dengan barang yang ia cari.
4. Berikan Discount atau kupon Yang Menarik
Dengan adanya discount atau kupon yang diberikan maka ini akan menarik perhatian pelanggan apalagi ibu-ibu, akan tetapi dalam penggunaan discount jangan dilakukan terlalu sering karena hal ini bisa menyebabkan berkurangnya keuntungan perusahaan yang seharusnya didapat dalam setiap periode. Promosi menggunakan voucher bisa dengan cara jika konsumen membeli produk yersebut maka akan mendapatkan voucher untuk di undi, nah seberapa banyak orang yang mengumpulkan voucher tersebut juga bisa dijadikan alat untuk menguji seberapa baik kampanye ini berjalan.
5. Pemasaran Dengan Sistem Aplikasi Mobile
merupakan konsep baru pemasaran berbasis teknologi, Konsep ini memberikan pelayanan dengan maksimal bagi konsumen. Keuntungan menggunakan sistem aplikasi mobile adalah, konsumen dapat memesan layanan anda dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan cara membuka smartphone mereka tanpa harus pergi keluar rumah, hal ini akan memberikan keefisienan waktu.
Konsumen juga setelah membeli mereka dapat memberikan testimoni terhadap produk tersebut apakah bagus atau tidak, hal ini dilakuakan untuk meraih pelanggan yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas.
Dalam menjalankan bisnis, melakukan promosi adalah menjadi bagian yang paling urgent karena menentukan laku atau tidaknya produk tersebut di pasaran, maka buatlah promosi dengan menarik yang dapat memberikan dorongan ataupun stimulus ke masyarakat untuk membeli.
Sumber : Mediaiklan.id
Komentar
Posting Komentar