Pemasaran digital (digital marketing) sejatinya merupakan aktivitas promosi baik untuk sebuah brand ataupun produk dengan menggunakan media elektronik (digital). Berbicara mengenai digital, tampaknya tidak akan lepas dari kata ‘internet’.
Siapa diantara Anda yang tidak
menggunakan internet sampai saat ini? Tentunya sangat jarang untuk
menemukan orang yang seperti ini. Karena internet telah menjadi bagian
terpenting dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi, keberadaan internet
didukung dengan adanya teknologi-teknologi modern. Dan semua orang telah
menggunakan teknologi terseut dalam kehidupannya sehari-hari.
Menurut penelitian, di tahun 2018,
pengguna perangkat untuk mengakses internet telah mencapai 5,1 milyar
pengguna. Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalan waktunya.
Melalui data ini, dinyatakan hampir semua orang menggunakan internet
untuk semua keperluannya. Lantas bagaimana dengan penggunaan internet di
Indonesia?
Fakta Tentang Penggunaan Internet di Indonesia
Indonesia adalah salah negara bekembang
di dunia. Namun, semua penduduknya sudah sangat akrab dengan internet.
Karenanya, penggunaan internet di Indonesia begitu tinggi. Menurut
penelitian, Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia untuk pengguna
internet terlama didunia. Ditambah lagi dengan peringkat ketiga dunia
sebagai pengguna internet yang mengaksesnya melalui perangkat mobile.
Selain kedua hal tersebut masih banyak
prestasi Indonesia lainnya. Dan semuanya mengacu pada, bahwa penggunaan
internet telah banyak digunakan di Indonesia. Karena internet banyak
membantu dalam menjalankan berbagai aktivitas. Melalui informasi ini
pula, didapatkan kenyataan bahwa cara pemasaran digital atau online
cocok diterapkan di Indonesia.
Bagaimanakah Tren Pemasaran Digital?
Besarnya penggunaan internet sekarang ini membuat banyak perusahaan penyedia jasa digital marketing bermunculan. Untuk membuat digital marketing
digunakan berbagai dasar yang menarik. Namun, dari semuanya itu, tiga
dasar inilah yang paling sering digunakan, berikut informasinya:
- Memaksimalkan media sosial, karena semakin hari semakin banyak orang yang menggunakannya.
- Menggunakan perintah suara, karena lebih mudah untuk sampaikan pesan dengan jelas.
- Penggunaan media audio visual, karena lebih menarik dan jelas untuk sampaikan pesan pemasaran.
Tiga hal ini, dapat membantu pemasaran
agar lebih efektif dan memberikan hasil lebih baik. Penyamapaian
informasi pun lebih mudah dan dapat tersampaikan dengan jelas. Ditambah
lagi, pemasaran yang dilakukan tidak membutuhkan banyak dana.
Bentuk dari digital marketing
ini telah berubah dibandingkan beberapa tahun lalu. Targer pasar pun
menjadi lebih terlibat dalam proyek atau dapat berkontribusi lebih
banyak. Bahkan bisa dikatakan, bahwa pemasaran ini telah menjadi dua
arah, antara perusahaan penyedia jasa dan konsumen. Salah satu jenis
penghubung ini adalah video chat ataupun pembayaran online. Hal ini pula
yang menyebabkan banyak jenis pemasaran secara digital maupun online.
Karenanya, perkembangan digital marketing di Indonesia berkembang dengan pesar.
Pemasaran Digital di Indonesia
Walaupun sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki perkembangan digital marketing
yang sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengeluaran dana
perusahaan untuk pemasaran digital yang terus meningkat setiap tahunnya.
Pada tahun 2018, dikeluarkan dana $ 2,1milyar sedangkan tahun 2020
diprediksi akan mencapai $ 4,3 milyar dan tahun berikutnya dipastikan
akan terus meningkat.
Melalui data ini, diketahui bahwa peluang perusahaan penyedia jasa digital marketing sangatlah besar. Sayangnya, untuk mendapatkan kesuksesan, masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, diantaranya:
- Adanya penggunaan Adblokers yang berlebihan
- Keterbatasan dana dan minimnya kemampuan serta sumber daya,
- Kurang fasilitas
- Waktu melihat iklan yang sempit,
- Kecepatan internet yang masih tergolong lemah dibandingkan negara lain,
- Banyaknya pilihan produk dan layanan di pasar, dan
- Kebiasaan konsumen yang terus berubah
Meskipun masih banyak tantangan, bukan
berarti usaha ini minim peluang. Karena terdapat satu metode efektid
yang dapat digunakan, yaitu pemasaran melalui media sosial. Keunggulan
pemasaran ini adalah tidak mengeluarkan dana yang besar. Selain itu,
pemasaran melalui media sosial lebih efektif dilakukan. Namun tetap
harus memperhitungkan tentang desain dan bentuk pemasaran, agar menarik
di mata konsumen.
Selain itu, terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan penyedia jasa digital marketing.
Adapun hal penting tersebut adalah perangkat mobile yang digunakan,
pesan pemasaran, serta pengalaman yang didapatkan konsumen. Jika
ketiganya diperkuat, proses pemasaran dapat berjalan dengan lancar.
Bahkan, ketika konsumen tertarik, maka produk atau jasa yang di pasarkan
akan semakin laris.
Selain mengedepankan tiga hal tersebut,
perusahaan penyedia jasa harus menambahkan fitur-fitur, seperti
Geolocation, VR, Live streaming, chatbots, augmented reality, virtual
reality dan yang lainnya. Setelah menambahkan fitur ini, perusahaan
dapat lebih sukses. Dan salah satu perusahaan yang berhasil
menggunakannya adalah Arfadia.
Perusahaan Pemasaran Digital Terkemuka di Indonesia, Arfadia
Arfadia adalah perusahaan teknologi informasi yang membuat berbagai macam produk sekaligus salah satu Digital Marketing Agency besar di Indonesia.
Pendiri Arfadia, Tessar Napitupulu, merupakan seorang Digital Marketing
Strategist dan Entrepreneur yang ambisius untuk selalu berinovasi dalam
membangun produk yang bermanfaat bagi segmen tertentu. Sebagai salah
satu perusahaan pemasaran digital Arfadia memiliki berbagai layanan
untuk memuaskan pelanggannya, diantaranya :
- Layanan web hosting – untuk kebutuhan pemasaran online perusahaan dan dilengkapi dengan keamanan terbaik.
- Pembuatan audio, video dan multimedia – agar pemasaran menjadi lebih efektif.
- Desain website – untuk membuat website lebih menarik dan menyampaian pesan yang baik.
- Pembuatan aplikasi mobile – membuat daya pemasaran digital menjadi lebih luas.
- Pemasaran digital yang terintegrasi – cara terkini untuk pemasaran produk
- Pembuatan aplikasi website – membuat website lebih interaktif dan lebih menarik untuk konsumen.
- Layanan pemotretan untuk komersil – membantu dapatkan gambar terbaik agar pesan pemasaran tersampaikan dengan baik.
- Membantu perusahaan lebih menonjol dari kompetitor dengan desain identitas bisnis dan perusahaan.
Selain memiliki layanan yang beragam,
Arfadia telah membentuk beberapa produk digital. Berikut beberapa produk
yang dibuat Arfadia :
- ATERA – toko online yang menjual alat peraga dan jual mainan anak. Tersedia berbagai jenis alat peraga pendidikan ataupun peraga kesehatan yang tersedia. Karena tersedia hampir 500.000 produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
- SODEA – aplikasi yang membantu kebutuhan administrasi desa. Sehingga pekerjaan perangkat desa menjadi lebih efisien.
- PIA – intranet portal yang berguna untuk membantu kebutuhan komunikasi internal perusahaan ataupun pembangunan bangunan.
- Sistem pengawas transaksi di media sosial.
- SIDIA – media pembelajaran sekolah / media edukasi anak untuk semua kurikulum, tersedia untuk SD hingga SMA.
- Project Management Tools untuk membantu operasi bisnis.
Tidak hanya produknya yang beragam, Anda
harus menjadikan Arfadia sebagai pilihan karena memiliki beberapa
sertifikasi internasional seperti :
- ISO 9001:2008, Quality Management System,
- ISO 14001: 2004, Environmental Management System
- OHSAS 18001:2007, Management System Occupational Health And Safety
Tersedia juga beberapa keunggulan yang
dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih Arfadia dan
membandingkannya dengan perusahaan penyedia jasa lainnya, diantaranya:
- Visi misi yang sesuai dengan perkembangan digital marketing masa depan
- Tenaga ahli dan berpengalaman
- Menempati peringkat atas diantara agensi pemasaran digital di Indonesia
- Memiliki desain dan metode yang revolusioner dibuktikan dengan penghargaan internasional
- Memiliki sertifikasi ISO yang telah diakui oleh internasional.
Penyedia jasa digital marketing memanglah cukup banyak beredar di pasaran. Namun, perusahaan penyedia jasa digital marketing terbaik adalah Arfadia. Karena Arfadia miliki keunggulan yang beragam dan digital marketing saat ini dapat menjadi solusi terbaik untuk pemasaran produk dan jasa Anda. Lokasi Digital Agency Terbaik di Indonesia disini
Sumber : https://www.duniafintech.com/pemasaran-digital-arfadia/
https://blog.arfadia.com/top-digital-marketing-agency-in-indonesia/
Sumber : https://www.duniafintech.com/pemasaran-digital-arfadia/
https://blog.arfadia.com/top-digital-marketing-agency-in-indonesia/
Komentar
Posting Komentar