Langsung ke konten utama

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keuntungan Perusahaan

Pemasaran adalah suatu kegiatan perekonomian yang berfungsi menentukan nilai ekonomi, dimana nilai ekonomi yang dimaksud adalah menentukan hrga barang ataupun jasa. Dalam penentuan harga barang dan jasa dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Sedangkan konsep pemasaran dibangun berdasarkan empat pilar, yang terdiri dari sasaran, kebutuhan, pelanggan, dan pemasaran terpadu.


Oleh karena itu, dapat disimplkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu proses pengambilan keputusan bagaimana cara memasarkan ataupun mempromosikan produk dipasaran agar dapat menarik perhatian para calon konsumen. Macam -macam strategi pemasaran:
  1. Strategi Kebutuhan Primer Strategi kebutuhan primer dirancang untuk menaikan tingkat permintaan, akan bentuk atau kelas produk serte produk-produk dengan bagian pasar, yang kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat dari strategi yang telah dirancang untuk meningkatkan penjualan. Adapun strategi yang dibentuk untuk merancang kebutuhan primer, antara lain dengan cara menambah jumlah yang menggunakannya dan dengan meningkatkan jumlah pembeli.
  2. Strategi Kebutuhan Selektif Strategi ini dirancang untuk memperbaiki posisi pesaing produk, fokus dasar dari strategi ini adalah pada bagian pasar. Karena, perolehan penjualan diharapkan akan datang dengan cara mengembangkan bentuk produk satu kelas dengan pesaing. Strategi ini dapat dicapai dengan cara mempertahankan pelanggan lama dan menyaring pelanggan baru. Adapun pengaruh strategi pemasaran terhadap keuntungan perusahan, itu saling keterkaitan satu sama lain.
Karena dengan menggunakan strategi yang tepat, unik dan mengena dihati konsumen akan berdampak besar pada banyaknya produk yang terjual, kemudian akan berimbas pada meningkatnya keuntungan perusahaan yang didapat pada periode tersebut.

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses ataupun kegiatan di perusahaan, dimana proses pemasaran tertuju langsung pada tujuan suatu perusahaan. Salah satunya untuk meningkatkan volume penjualan yang akhirnya memperoleh sejumlah laba yang optimal, sehingga dapat disimpulkan bahawa laba yang diperoleh suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.

Sekarang ini persaingan antara perusahan itu terjadi sangat ketat, perusahaan dituntut memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen dalam rangka memenuhi segala keinginan serta kebutuhannya. Konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu dipertahankan sekuat tenaga, agar kesuksesan perusahaan dapat tercapai. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan:

1. Pelaksanaan Analisis SWOT Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
  • Peluang Semakin banyaknya konsumen yang mengerti kesehatan, membuka areal dan distributor baru, pesaing tetap.
  • Ancaman Banyaknya produk dipasaran yang sama memiliki keunggulan, ekonomi yang belum stabil, berkurangnya daya beli masyarakat untuk membeli produk tersebut, bertambahnya biaya untuk memproduksi barang tersebut.
  • Kekuatan Dikerjakan oleh tenaga kerja muda dan ahli dibidangnya, higienis dan alamiah, bebas bahan pengawet dan menggunakan kemasan yang menarik.
  • Kelemahan Kurang gencarnya promosi yang dilakukan, masih kurangnya tenaga kerja untuk mempromosikan barang baru suatu perusahaa.
2. Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan yang beroperasi, maka perusahaan akan dihadapi dengan adanya persaingan yang harus dilakukan dengan ketat. Apalagi, bagi perusahaan yang memproduksi barang yang sejenis, apabila perusahaan yang bersangkutan kurang memperhatikan perusahaan pada strategi pemasarannya.

Oleh karena itu setiap perusahaan harus meningkatkan saya saingnya. Usaha- usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menyiasati persaingan yang ketat adalah :
  • Berproduksi dengan biaya minimal
  • Melakukan strategii marketing yang tepat
  • Mempunyai pekerja yang memiliki keahlian dibidangnya
Pada umumnya strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan adalah bauran perusahaab atau bisa juga disebut (marketing mix), yang didalamnya menyangkut produk, harga, promosi dan yang terakhir adalah tempat. Keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang harus manajer ambil dalam mengambil kebijakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat podcast di Spotify dan trik untuk memulai begitu banyak pendengar

Eknologi telah berkembang pesat. Teknologi juga memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak jenis hiburan. Orang yang sekarang sedang dicintai oleh masyarakat adalah podcast. Banyak artis, tokoh-tokoh publik, bahkan orang biasa yang membuat podcast mereka sendiri. Dengan banyak pembuat podcast, kami akhirnya memiliki berbagai jenis hiburan dan diskusi. Podcast telah menjadi ekspresi baru bagi masyarakat, mengingat konten podcast itu sendiri memiliki biaya produksi yang cenderung murah. Nah, kali ini, Hipwee akan membahas cara membuat podcast untuk pemula. Di sini kita juga akan membahas tips tentang cara membuat podcast Anda membuat banyak pendengar. Simak, ya! 1. podcast yang baik adalah mereka yang memiliki narasi yang jelas, menarik dan mengalir seperti Membuat podcast tidak semudah kami mendengarkannya. Sama seperti konten lain, kita harus memiliki kecerdasan dan persiapan yang matang. Kehidupan podcast dalam narasi. Jadi, langkah pertama sebelum Anda memulai podcast adalah menu

RRQ Hoshi menjual mainstay player untuk MPL Season 8, siapa?

Histekno.com - Menjelang MPL Season 8, sejumlah transfer daftar cukup mengejutkan publik. Terbaru, RRQ Hoshi dikabarkan untuk menjual salah satu pemain andalannya untuk acara MPL MPL 8 mendatang. Siapa pemain itu? Menuai hasil yang tidak memuaskan di MPL Season 7, RRQ Hoshi rupanya memutuskan untuk meningkatkan dan mengadili untuk jajaran daftar yang dimiliki tim ini. Dalam streaming langsung yang dipegang oleh sejumlah pemain pro di Nimo TV, rumor tentang daftar transfer RRQ Hoshi kemudian mengungkapkan kepada publik. Ini disampaikan oleh CEO Alter Ego, Delwyn Sukamto dan Evos Luminer. CEO ALTER EGO membuka obrolan dengan menyebutkan bahwa salah satu pemain andalan RRQ Hoshi termasuk dalam daftar transfer. Delwyn Sukamto mengakui, dia tidak berharap jika pemain ini dijual oleh tim raja. "Ada satu pemain RRQ Hoshi yang memasuki daftar transfer, orang Lu tidak berharap '' kata CEO dari Alter Ego. Seolah-olah dia tahu tentang berita ini, Evos Luminer kemudian mengklaim

Rekomendasi untuk Sewa Bus Hiace Pariwisata Murah di Bali

Ketika anda akan menggunakan jasa Sewa Bus Hiace Pariwisata Murah di Bali, pastikan anda memilih jasa yang terbaik untuk kegiatan anda tersebut. Salah satunya adalah SandHoliday.  Berikut Rekomendasi untuk Sewa Bus Hiace Pariwisata Murah di Bali Kelebihan dari segi profesionalitas   SandHoliday adalah sebuah jasa yang memiliki banyak kelebihan sebagai jasa penyewa bus untuk pariwisata. Kelebihan pertama yang dimilikinya adalah mengenai profesionalitas yang dimilikinya. Jasa ini merupakan jasa yang profesional karena memberikan banyak jaminan pada anda. Salah satu jaminan yang diberikan oleh SandHoliday pada anda adalah mengenai legalitas yang dimilikinya. Sebagai sebuah perusahaan jasa ada banyak jasa yang tidak memiliki surat legal untuk menjalankan kegiatannya. Berbeda dengan jasa persewaan bus SandHoliday ( Sewa bus pariwisata di Bali ). Jasa persewaan bus ini merupakan jasa persewaan busa yang memiliki surat legalitas usaha yang lengkap. Mulai dari surat