Pemasaran adalah suatu kegiatan perekonomian yang berfungsi menentukan nilai ekonomi, dimana nilai ekonomi yang dimaksud adalah menentukan hrga barang ataupun jasa. Dalam penentuan harga barang dan jasa dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi.
Sedangkan konsep pemasaran dibangun berdasarkan empat pilar, yang terdiri dari sasaran, kebutuhan, pelanggan, dan pemasaran terpadu.
Oleh karena itu, dapat disimplkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu proses pengambilan keputusan bagaimana cara memasarkan ataupun mempromosikan produk dipasaran agar dapat menarik perhatian para calon konsumen. Macam -macam strategi pemasaran:
Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses ataupun kegiatan di perusahaan, dimana proses pemasaran tertuju langsung pada tujuan suatu perusahaan. Salah satunya untuk meningkatkan volume penjualan yang akhirnya memperoleh sejumlah laba yang optimal, sehingga dapat disimpulkan bahawa laba yang diperoleh suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.
Sekarang ini persaingan antara perusahan itu terjadi sangat ketat, perusahaan dituntut memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen dalam rangka memenuhi segala keinginan serta kebutuhannya. Konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu dipertahankan sekuat tenaga, agar kesuksesan perusahaan dapat tercapai. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan:
1. Pelaksanaan Analisis SWOT Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
Oleh karena itu setiap perusahaan harus meningkatkan saya saingnya. Usaha- usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menyiasati persaingan yang ketat adalah :
Oleh karena itu, dapat disimplkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu proses pengambilan keputusan bagaimana cara memasarkan ataupun mempromosikan produk dipasaran agar dapat menarik perhatian para calon konsumen. Macam -macam strategi pemasaran:
- Strategi Kebutuhan Primer Strategi kebutuhan primer dirancang untuk menaikan tingkat permintaan, akan bentuk atau kelas produk serte produk-produk dengan bagian pasar, yang kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat dari strategi yang telah dirancang untuk meningkatkan penjualan. Adapun strategi yang dibentuk untuk merancang kebutuhan primer, antara lain dengan cara menambah jumlah yang menggunakannya dan dengan meningkatkan jumlah pembeli.
- Strategi Kebutuhan Selektif Strategi ini dirancang untuk memperbaiki posisi pesaing produk, fokus dasar dari strategi ini adalah pada bagian pasar. Karena, perolehan penjualan diharapkan akan datang dengan cara mengembangkan bentuk produk satu kelas dengan pesaing. Strategi ini dapat dicapai dengan cara mempertahankan pelanggan lama dan menyaring pelanggan baru. Adapun pengaruh strategi pemasaran terhadap keuntungan perusahan, itu saling keterkaitan satu sama lain.
Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses ataupun kegiatan di perusahaan, dimana proses pemasaran tertuju langsung pada tujuan suatu perusahaan. Salah satunya untuk meningkatkan volume penjualan yang akhirnya memperoleh sejumlah laba yang optimal, sehingga dapat disimpulkan bahawa laba yang diperoleh suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.
Sekarang ini persaingan antara perusahan itu terjadi sangat ketat, perusahaan dituntut memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen dalam rangka memenuhi segala keinginan serta kebutuhannya. Konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu dipertahankan sekuat tenaga, agar kesuksesan perusahaan dapat tercapai. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan:
1. Pelaksanaan Analisis SWOT Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
- Peluang Semakin banyaknya konsumen yang mengerti kesehatan, membuka areal dan distributor baru, pesaing tetap.
- Ancaman Banyaknya produk dipasaran yang sama memiliki keunggulan, ekonomi yang belum stabil, berkurangnya daya beli masyarakat untuk membeli produk tersebut, bertambahnya biaya untuk memproduksi barang tersebut.
- Kekuatan Dikerjakan oleh tenaga kerja muda dan ahli dibidangnya, higienis dan alamiah, bebas bahan pengawet dan menggunakan kemasan yang menarik.
- Kelemahan Kurang gencarnya promosi yang dilakukan, masih kurangnya tenaga kerja untuk mempromosikan barang baru suatu perusahaa.
Oleh karena itu setiap perusahaan harus meningkatkan saya saingnya. Usaha- usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menyiasati persaingan yang ketat adalah :
- Berproduksi dengan biaya minimal
- Melakukan strategii marketing yang tepat
- Mempunyai pekerja yang memiliki keahlian dibidangnya
Komentar
Posting Komentar