Langsung ke konten utama

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keuntungan Perusahaan

Pemasaran adalah suatu kegiatan perekonomian yang berfungsi menentukan nilai ekonomi, dimana nilai ekonomi yang dimaksud adalah menentukan hrga barang ataupun jasa. Dalam penentuan harga barang dan jasa dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Sedangkan konsep pemasaran dibangun berdasarkan empat pilar, yang terdiri dari sasaran, kebutuhan, pelanggan, dan pemasaran terpadu.


Oleh karena itu, dapat disimplkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu proses pengambilan keputusan bagaimana cara memasarkan ataupun mempromosikan produk dipasaran agar dapat menarik perhatian para calon konsumen. Macam -macam strategi pemasaran:
  1. Strategi Kebutuhan Primer Strategi kebutuhan primer dirancang untuk menaikan tingkat permintaan, akan bentuk atau kelas produk serte produk-produk dengan bagian pasar, yang kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat dari strategi yang telah dirancang untuk meningkatkan penjualan. Adapun strategi yang dibentuk untuk merancang kebutuhan primer, antara lain dengan cara menambah jumlah yang menggunakannya dan dengan meningkatkan jumlah pembeli.
  2. Strategi Kebutuhan Selektif Strategi ini dirancang untuk memperbaiki posisi pesaing produk, fokus dasar dari strategi ini adalah pada bagian pasar. Karena, perolehan penjualan diharapkan akan datang dengan cara mengembangkan bentuk produk satu kelas dengan pesaing. Strategi ini dapat dicapai dengan cara mempertahankan pelanggan lama dan menyaring pelanggan baru. Adapun pengaruh strategi pemasaran terhadap keuntungan perusahan, itu saling keterkaitan satu sama lain.
Karena dengan menggunakan strategi yang tepat, unik dan mengena dihati konsumen akan berdampak besar pada banyaknya produk yang terjual, kemudian akan berimbas pada meningkatnya keuntungan perusahaan yang didapat pada periode tersebut.

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses ataupun kegiatan di perusahaan, dimana proses pemasaran tertuju langsung pada tujuan suatu perusahaan. Salah satunya untuk meningkatkan volume penjualan yang akhirnya memperoleh sejumlah laba yang optimal, sehingga dapat disimpulkan bahawa laba yang diperoleh suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.

Sekarang ini persaingan antara perusahan itu terjadi sangat ketat, perusahaan dituntut memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen dalam rangka memenuhi segala keinginan serta kebutuhannya. Konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu dipertahankan sekuat tenaga, agar kesuksesan perusahaan dapat tercapai. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan:

1. Pelaksanaan Analisis SWOT Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
  • Peluang Semakin banyaknya konsumen yang mengerti kesehatan, membuka areal dan distributor baru, pesaing tetap.
  • Ancaman Banyaknya produk dipasaran yang sama memiliki keunggulan, ekonomi yang belum stabil, berkurangnya daya beli masyarakat untuk membeli produk tersebut, bertambahnya biaya untuk memproduksi barang tersebut.
  • Kekuatan Dikerjakan oleh tenaga kerja muda dan ahli dibidangnya, higienis dan alamiah, bebas bahan pengawet dan menggunakan kemasan yang menarik.
  • Kelemahan Kurang gencarnya promosi yang dilakukan, masih kurangnya tenaga kerja untuk mempromosikan barang baru suatu perusahaa.
2. Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan yang beroperasi, maka perusahaan akan dihadapi dengan adanya persaingan yang harus dilakukan dengan ketat. Apalagi, bagi perusahaan yang memproduksi barang yang sejenis, apabila perusahaan yang bersangkutan kurang memperhatikan perusahaan pada strategi pemasarannya.

Oleh karena itu setiap perusahaan harus meningkatkan saya saingnya. Usaha- usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menyiasati persaingan yang ketat adalah :
  • Berproduksi dengan biaya minimal
  • Melakukan strategii marketing yang tepat
  • Mempunyai pekerja yang memiliki keahlian dibidangnya
Pada umumnya strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan adalah bauran perusahaab atau bisa juga disebut (marketing mix), yang didalamnya menyangkut produk, harga, promosi dan yang terakhir adalah tempat. Keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang harus manajer ambil dalam mengambil kebijakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8K TVs: Not quite dead, but getting there

BERLIN—Contrary to some industry predictions, the 8K television format has not yet been rendered obsolete in the EU by energy-efficiency regulations. But there are also other challenges that the ultra-ultra-high-definition variety must overcome, most of which are global in nature. The booths at the IFA tech trade fair offered plenty of proof of 8K's problems with relevance. While other electronics vendors with TVs on their menu either stuck to their 4K fare or switched their emphasis to efficiency and sustainability, two adjectives that 8K cannot currently claim, the companies trying to make 8K a thing could talk up the size of their screens but did not promise anything new to watch in that resolution. In a regulation that became effective in March, the EU set a target for the power usage of 8K sets. They consume significantly more energy than 4K sets with their 3,840 by 2,160 resolution since they have processors to upscale lower-quality video and a resolution of 7,680 by 4,320...

19 juta orang dapat melaporkan pajak fiskal

Direktur Pajak Sury Uuse mengatakan bahwa 19 juta orang dapat menggunakan Nik untuk memberi tahu SPT hingga hari ini setelah jumlahnya diintegrasikan dengan NPWP. Direktur Umum Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, mengatakan bahwa jumlah identifikasi populasi 19 juta (NIK) telah diintegrasikan dengan nomor identifikasi pembayar pajak (NPWP). Artinya, ada 19 juta orang yang sudah dapat menggunakan Nik untuk menginformasikan surat pemberitahuan tahunan (SPT) hingga hari ini. "Hanya 19 juta Nik yang telah dibuat untuk melakukan Direktorat Umum Administrasi Populasi dan Pendaftaran Sipil (Desdukcapil)," kata Slow di Pico de la Peringatan Hari Pajak di DGT pusat, Selasa (7/19). Menurutnya, di masa depan akan ada lebih banyak NK yang terintegrasi dengan NPWP. Kebijakan ini selanjutnya akan memberikan masyarakat untuk melaksanakan kewajiban pajaknya. "Tujuannya adalah untuk membuatnya lebih mudah, kadang -kadang dia suka melupakan nomor NPWP, tapi jangan lupa Nik. Mudah -...

MSI Provides a Fix for Windows 11's "Blue Screen of Death" Error

Because a Windows 11 update is causing client PCs to crash and display the "Blue Screen of Death" error, MSI is advising users not to install it. The company today released a workaround that can momentarily address the problem, which started after Microsoft handed out the OS upgrade on August 22. Although the KB5029351 update is intended to increase performance, it seems to cause a Blue Screen of Death with a "UNSUPPORTED_PROCESSOR" warning message on some MSI motherboard-powered PCs. According to user reports, MSI now claims that consumers who own Intel 600 and 700 series MSI motherboards are affected by the issue. The company's statement continues, "MSI and Microsoft are both aware of the 'UNSUPPORTED_PROCESSOR' issue and have started looking into the main cause. We advise all users to temporarily forgo installing the KB5029351 Preview update in Windows while the investigation is ongoing. If you were one of the unfortunate people who encounter...