Langsung ke konten utama

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keuntungan Perusahaan

Pemasaran adalah suatu kegiatan perekonomian yang berfungsi menentukan nilai ekonomi, dimana nilai ekonomi yang dimaksud adalah menentukan hrga barang ataupun jasa. Dalam penentuan harga barang dan jasa dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Sedangkan konsep pemasaran dibangun berdasarkan empat pilar, yang terdiri dari sasaran, kebutuhan, pelanggan, dan pemasaran terpadu.


Oleh karena itu, dapat disimplkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu proses pengambilan keputusan bagaimana cara memasarkan ataupun mempromosikan produk dipasaran agar dapat menarik perhatian para calon konsumen. Macam -macam strategi pemasaran:
  1. Strategi Kebutuhan Primer Strategi kebutuhan primer dirancang untuk menaikan tingkat permintaan, akan bentuk atau kelas produk serte produk-produk dengan bagian pasar, yang kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat dari strategi yang telah dirancang untuk meningkatkan penjualan. Adapun strategi yang dibentuk untuk merancang kebutuhan primer, antara lain dengan cara menambah jumlah yang menggunakannya dan dengan meningkatkan jumlah pembeli.
  2. Strategi Kebutuhan Selektif Strategi ini dirancang untuk memperbaiki posisi pesaing produk, fokus dasar dari strategi ini adalah pada bagian pasar. Karena, perolehan penjualan diharapkan akan datang dengan cara mengembangkan bentuk produk satu kelas dengan pesaing. Strategi ini dapat dicapai dengan cara mempertahankan pelanggan lama dan menyaring pelanggan baru. Adapun pengaruh strategi pemasaran terhadap keuntungan perusahan, itu saling keterkaitan satu sama lain.
Karena dengan menggunakan strategi yang tepat, unik dan mengena dihati konsumen akan berdampak besar pada banyaknya produk yang terjual, kemudian akan berimbas pada meningkatnya keuntungan perusahaan yang didapat pada periode tersebut.

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses ataupun kegiatan di perusahaan, dimana proses pemasaran tertuju langsung pada tujuan suatu perusahaan. Salah satunya untuk meningkatkan volume penjualan yang akhirnya memperoleh sejumlah laba yang optimal, sehingga dapat disimpulkan bahawa laba yang diperoleh suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.

Sekarang ini persaingan antara perusahan itu terjadi sangat ketat, perusahaan dituntut memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen dalam rangka memenuhi segala keinginan serta kebutuhannya. Konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu dipertahankan sekuat tenaga, agar kesuksesan perusahaan dapat tercapai. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan:

1. Pelaksanaan Analisis SWOT Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
  • Peluang Semakin banyaknya konsumen yang mengerti kesehatan, membuka areal dan distributor baru, pesaing tetap.
  • Ancaman Banyaknya produk dipasaran yang sama memiliki keunggulan, ekonomi yang belum stabil, berkurangnya daya beli masyarakat untuk membeli produk tersebut, bertambahnya biaya untuk memproduksi barang tersebut.
  • Kekuatan Dikerjakan oleh tenaga kerja muda dan ahli dibidangnya, higienis dan alamiah, bebas bahan pengawet dan menggunakan kemasan yang menarik.
  • Kelemahan Kurang gencarnya promosi yang dilakukan, masih kurangnya tenaga kerja untuk mempromosikan barang baru suatu perusahaa.
2. Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan yang beroperasi, maka perusahaan akan dihadapi dengan adanya persaingan yang harus dilakukan dengan ketat. Apalagi, bagi perusahaan yang memproduksi barang yang sejenis, apabila perusahaan yang bersangkutan kurang memperhatikan perusahaan pada strategi pemasarannya.

Oleh karena itu setiap perusahaan harus meningkatkan saya saingnya. Usaha- usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menyiasati persaingan yang ketat adalah :
  • Berproduksi dengan biaya minimal
  • Melakukan strategii marketing yang tepat
  • Mempunyai pekerja yang memiliki keahlian dibidangnya
Pada umumnya strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan adalah bauran perusahaab atau bisa juga disebut (marketing mix), yang didalamnya menyangkut produk, harga, promosi dan yang terakhir adalah tempat. Keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang harus manajer ambil dalam mengambil kebijakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Jasa SEO Jakarta Rekomendasi No #1

Bisnis di era yang serba teknologi ini telah mengalami banyak perubahan. Di mana semula masih banyak pelaku bisnis yang menjalankan secara konvensional, namun kini telah mengandalkan internet yang disadari banyak memberikan kemudahan dan keuntungan. Keberadaan jasa SEO Jakarta yang profesional menjadi salah satu aspek terpenting untuk mendukung para pelaku bisnis online ini untuk bisa melakukan investasi dengan mengoptimalkan mesin pencarian dan membuat bisnisnya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bagi perusahaan  Search Engine Optimization  (SEO) yang telah profesional sendiri seperti Arfadia.com, tentu akan lebih mengetahui bahwa SEO yang tidak tepat akan dapat menghancurkan sebuah bisnis  online . Dan perusahaan SEO ini lah yang nantinya akan bisa memberikan solusi terbaik untuk pemasaran bisnis Anda. Sehingga, akan dapat ditemui bahwa bisnis Anda mengalami peningkatan yang baik di setiap masanya dengan pengoptimalan SEO berkualitas. SEO sendiri memili...

tiga etika sederhana mengirim naskah ke media

Saya belum mengirim naskah buat ketika yg lama, blog langsung masih belum optimal setiap hari. Namun lantaran minat aku dalam sastra, pula asa buat menghargai pekerjaan penulis lain, maka aku membuka peluang bagi mereka yg menginginkan cerita pendek yg akan dipublikasikan pada blog. Honorarium nir poly, namun dibayar sekali pecah. Jadi nir perlu menunggu relatif poly buat mendapat pembayaran. Sekali, saat aku masih secara rutin mengirim karya, terdapat warta krusial yg didistribusikan sang sahabat sebaya, terutama senior, bagaimana etika mengirimkan manuskrip ke media. Lantaran dulu, aku menduga nir terdapat yg istimewa lagi. Namun saat aku membuka ruangan buat sahabat-sahabat buat mengirim karya, aku baru sadar, hal-hal yg aku pikir normal, sepertinya nir dipahami sang poly orang. Apakah Anda berniat mengirim cerita pendek atau manuskrip lain ke media? Lihatlah etika baku berikut, siapa yg memahami seorang yg terlewat sejauh ini. 1. Baca menggunakan cermat Dalam kehidupan seha...

Informasi Tren Teknologi Menuju Indonesia Jaya

  Teknologi berkembang semakin cepat dan membawa perubahan pada semua bidang pembangunan dan kehidupan masyarakat. Disamping meningkatkan efisiensi dan kesempatan baru, kemajuan teknologi berdampak pada kebutuhan tenaga kerja. Pekerjaan yang sifatnya rutin, manual, dan kognitif akan berkurang. Indonesia akan memanfaatkan kemajuan teknologi bagi pembangunan dengan meminimalkan disrupsi. Tren teknologi ke depan: teknologi digital (internet seluler, otomatisasi, dan cloud technology), teknologi yang mengurangi keterbatasan fisik dan jarak (IoT, transportasi dan distribusi, addictive manufacturing/3D printing, dan nano technology), teknologi energi terbarukan (surya, angin, nuklir, biomas, dan geothermal), dan teknologi kesehatan (genetika, pengobatan dan pemulihan, serta pelayanan kesehatan). Beberapa perkembangan teknologi ke depan: perdagangan elektronik mengubah perdagangan konvensional menjadi elektronik; industri 4.0 mengintegrasikan proses produksi secara virtual berbasis  ...